Halaman Utama

Selasa, 04 Januari 2011

Pernah denger tentang Tuyul...??????





Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri (uang). Untuk menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya.
Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.). Kemungkinan besar tuyul juga sejenis alien.
Dalam dunia hiburan, tuyul muncul dalam berbagai filem komedi atau horor. Salah satu sinetron yang populer melibatkan tuyul, yaitu Tuyul dan Mbak Yul yang populer pada tahun 1990-an di RCTI dan Tuyul Millennium yang populer pada tahun 2004 di TPI. Sinetron Tuyul dan Mbak Yul tayang ulang di Lativi. Pemerannya adalah Ony Syahrial yang populer di sinetron Tuyul dan Mbak Yul dan Tuyul Millennium. Dia juga sebagai pengisi suara Crayon Shin-chan di RCTI.

http://id.wikipedia.org/wiki/Tuyul




 Anda penen liat Tuyul.......????

Saat ini tuyul beredar diberbagai media. Setelah kehebohan video tuyul di Bogor, tuyul di Lampung, tuyul di Jawa Timur dan masih banyak tuyul-tuyul lainnya yang konon dapat terekam kamera sehingga tuyul dapat terlihat oleh siapapun dan menjadi tontonan yang menyesatkan. Lebih aneh lagi berbagai media di Indonesia yang membesar-besarkan berita sesat ini, padahal seharusnya media di Indonesia digunakan untuk memberikan informasi yang berguna dan tidak menjerumuskan masyarakat ke dalam kebodohan.

Tuyul hanyalah makhluk khayalan yang diciptakan oleh orang-orang yang tidak lagi memiliki rasionalitas dalam berpikir. Mereka yang ingin kaya mendadak, dan tidak mau bekerja keras dan tidak mau bekerja cerdas melamun dengan membayangkan ada sesosok makhluk yang dapat menghasilkan uang. Tentu saja mereka dapat kaya raya dalam sekejap, tapi itu hanya dalam lamunan, karena setelah semua lamunannya selesai, kekayaannya akan lenyap.

Tuyul juga merupakan tokoh khayalan bagi orang-orang yang iri dengan tetangganya yang sukses. Rasa iri ini kemudian menjadikan orang tersebut untuk mencari cara untuk menjatuhkan si Kaya. Akhirnya timbullah tokoh tuyul yang dia gunakan untuk menjatuhkan citra, martabat dan nama baik si Kaya dengan mengatakan kekayaan yang dimiliki oleh orang tersebut berasal dari tuyul. Hmmm...

Beternak tuyul

Saya pernah membaca dan melihat iklan ada paranormal yang menjual tuyul. Anehnya lagi banyak juga media yang mau dipasangi iklan-iklan kotor semacam ini. Saya jadi berpikir, jangan-jangan ada orang/lembaga/negara yang 'membiayai' paranormal tersebut untuk tetap 'beternak tuyul' dan 'berjualan tuyul' untuk menjerumuskan masyarakat Indonesia ke jurang kebodohan. Sebagai orang yang beragama kita memang harus percaya bahwa alam ghaib itu ada, tapi tuyul bukanlah makhluk ghaib, tapi salah satu tokoh fiksi dalam sebuah sinetron.

Cara melihat tuyul

Pernah saya bercanda dengan seorang teman dengan mengatakan bahwa saya dapat melihat tuyul. Teman saya tersebut penasaran sekali dengan candaan saya itu, padahal saya hanya bercanda. Akhirnya esoknya dia meminta saya untuk mengajarinya cara melihat tuyul. Timbul rasa iseng saya untuk memberikan pelajaran berharga pada teman saya itu. Saya memintanya untuk menyiapkan korek api, piring, lampu minyak, dan sebuah cermin. Dengan cepat teman saya tersebut dapat menyiapkan semua peralatan tersebut. Saya berpura-pura mencari tempat yang banyak tuyulnya, padahal yang saya lakukan adalah menyalakan lampu minyak dan piringnya saya putar-putar di lampu minyak yang menyala tersebut sampai piring bagian bawah berwarna hitam karena penuh dengan jelaga / langes.

Setelah semua selesai saya memanggil teman saya itu untuk bersiap-siap melihat tuyul. Saya memintanya untuk memejamkan mata. Lalu saya berikan piring yang penuh dengan jelaga tersebut. Selama saya membaca mantra, saya meminta teman saya untuk memegang bagian bawah piring dan memutar-mutar piring tersebut sampai saya bilang 'basuh' maka dia harus berhenti membesut piring dengan tangannya lalu mengusapkan telapak tangannya ke mukanya. Demikian dilakukan berulang-ulang.

Tentu saja saya melakukannya ditempat yang gelap, sehingga teman saya tidak melihat hitamnya bagian bawah piring yang sudah dipenuhi jelaga tersebut. Setelah tujuh kali membasuh mukanya dengan jelaga, saya meminta teman saya untuk membawa cermin yang sudah disiapkan, kemudian pergi ke tempat terang, maka tuyulnya ada di dalam cermin tersebut. Betapa kaget teman saya itu melihat sesosok dengan muka yang hitam pekat, semula dia mengira itu tuyul, padahal itu adalah wajahnya sendiri yang dia corengi sendiri dengan jelaga. Saya tersenyum, tapi akhirnya teman saya itu dapat mengambil 'hikmah positif' dari candaan saya itu.

Sumber : http://www.indomagz.com/2009/12/cara-melihat-tuyul.html

Beberapa hari ini sebagian warga di RT saya resah akibat hilangnya segepit uang yang disimpan rapi dalam dompet mereka. Mendengar banyaknya obrolan warga sekitar soal duit ilang, beberapa diantaranya menyebut karenya dicuri tuyul. Karena obrolan sudah mulai nggak rasional menurut saya, akhirnya saya pun pulang.

Selang sehari istri saya ikutan ngomong ke saya tentang kejadian serupa.

Singkat cerita, istri saya kekurangan uang saat akan membayar belanjaan di sebuah tempat kulakan. Padahal uang sudah disiapkan pada malam harinya sebelum tidur dengan jumlah yang pas. Nggak tahu kenapa uang dalam tas berkurang sejumlah 200 ribu saat akan dipakai membayar.

Tak habis pikir, uang dalam tas yang tersusun rapi bisa hilang sebagian. Dan hilangnya pun tanpa bekas. Ngga mungkin diambil sama anak saya yang masih balita ataupun orang lain. Jangankan orang lain, saya sendiri nggak pernah tahu tempat istri saya menaruh uang.

Pernah suatu ketika saya ikutan nge test. Saya taruh uang tunai sejumlah dua juta rupiah saya tali dengan karet dan diatasnya saya beri label Rp. 2.000.000. Saya bungkus kain dan saya taruh di lemari dapur tanpa sepengetahuan orang selain saya dan istri.

Setelah keesokan harinya saya coba itung lagi dan jumlahnya tinggal Rp. 1.750.000. Padahal saat saya mengambil tak ada kerusakan ataupun berubahan posisi dari bungkusnya.  Hi…. Ternyata rumahku disambangi tuyul.

Bukannya nggak percaya, saya hanya heran berani-beraninya tuyul masuk rumah saya. Padahal walaupun nggak rutin saya juga baca Al-Qur’an sehabis maghrib.

Akhirnya coba googling aja dan alhamdulillah ketemu jawaban yang insyaAllah pas.

Dalam sebuah hadits Nabi diceritakan sangat mungkin makhluk sejenis jin mencuri benda yang bersifat maknawi maupun bersifat materi. Dalam hadits itu diceritakan bahwa syetan mengambil zakat fitrah dengan kedua tapak tangannya (meraupnya) yang sedang diiaga oleh Abu Hurairah. Jika kasus semacam ini terjadi pada zaman Nabi, tentu terjadi pula pada zaman setelahnya.

Cara Ampuh Menolak Kedatangan Tuyul
Hari gini jangan mau lagi kalah sama tuyul. Kita sudah cari uang susah-susah, eh malemnya di jarah tuyul. Dan buat orang yang bersekutu dengan tuyul saya harap segera bertobatlah.
Banyak orang yang ngaku bisa menangkap Tuyul… Saya jadi kawatir, jangan-jangan ditangkap trus dipelihara.. hehe..

Berikut ini tips ampuh menolak kedatangan tuyul yang Saya kutip dari majalah Ghoib. “Bahwa syetan tidak mampu membuka pintu yang terkunci yang disebutkan nama Allah atasnya.”
Dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim Rasulullah SAW. bersabda: “Apabila malam telah menjelang (pada waktu petang) kumpulkanlah anak-anakmu karena pada saat itu setan-setan bertebaran, dan jika telah lewat satu jam dari petang lepaskanlah (bubarkanlah) mereka dan tutuplah pintu-pintu dengan menyebut nama Allah karena syetan tidak bisa membuka pintu yang tertutup (terkunci) dan ikatlah (tutuplah) qirbah-qirbah (tempat air yang terbuat dari kulit) kalian dengan menyebut nama Allah dan tutuplah bejana-bejana kalian dengan menyebut nama Allah walau dengan menempatkan sesuatu diatasnya dan matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR. Bukhori dan Muslim).
lnilah solusi bagi kita semua ketika menyimpan uang atau yang sejenisnya agar tidak dicuri setan, tutuplah (kunci lah) tempat penyimpanannya dengan membaca BASMALAH (bismillahirrahmanirrahiim) ketika mengunci, menyimpan atau menutupnya. Dan yang lebih penting lagi jangan lupa berdo’a. Semoga Allah senantiasa melindungi diri kita dan keluarga dari bahaya syaitan yang terkutuk dan semoga harta kita yang sudah terlanjur hilang, mudah-mudahan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik. Amien…

Semoga bermanfaat.
Wassalam…



Sumber : http://andiazhari.com/waspada-tuyul/



By : Jupitter Pandawa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...