Halaman Utama

Selasa, 04 Januari 2011

Apa she manfaat dari kita mendonorkan darah...???


Manfaat donor darah adalah untuk membantu orang lain dan alasan kemanusiaan.

Mengenai donor darah membuat gemuk saya tidak yakin, tapi mungkin efek tidak langsung, seperti bawaan kurang darah itu lemas, capek, jadi maunya makan terus.

Efek donor darah terhadap kesehatan, tidak terlalu tahu.
1. Umur sel darah merah itu kurang lebih 120 hari (4 bulan) oleh karena itu, maka donor darah harus ada jedanya 3-4 bulan, supaya tubuh dapat mengganti darah yang diambil pada saat donor darah.
2. Bila peralatan donor steril, single use, maka risiko tertular penyakit infeksi seperti Hepatitis B, HIV, hampir dikatakan tidak ada. tapi bila peralatan tidak steril dan single use, maka risikonya meningkat berkali2 lipat. saat ini PMI pakai yang steril dan single use.
3. Bila Hb anda rendah, maka donor membuat kondisi tubuh anda menurun, dan bisa sakit, jadi kalau Hb rendah (kurang dari 10 lah cincai) jangan donor darah
4. Bila anda sedang sakit infeksi, maka ada kemungkinan penyakit anda itu sedang berada di darah, oleh karena itu, supaya tidak menularkan orang lain, anda tidak boleh donor darah.

Secara medis, tindakan donor darah merupakan kebiasaan yang baik bagi kesehatan pendonor. Banyak manfaat yang bisa diambil dari donor darah selain kita pun melakukan aksi kemanusiaan.

Dengan mendonorkan darah secara teratur, kesehatan Anda akan terpantau secara teratur pula karena memang sebelum mendonorkan orang harus lebih dulu diperiksa kesehatannya secara lengkap.

Banyak penyakit yang terkadang tak bergejala, semisal tekanan darah tinggi ditemukan secara tidak sengaja dalam pemeriksaan rutin, yakni dalam selang waktu minimal 56 hari sekali.

Selain itu, donor darah akan membantu menurunkan risiko serangan jantung dan problem jantung lainnya. Penelitian menunjukkan, mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh. Walau masih perlu penelitian lagi untuk membuktikannya, kelebihan zat besi diduga berperan menimbulkan kelainan pada jantung. kelebihan itu akan membuat kolesterol jahat (LDL) membentuk plak lemak yang akan menyumbat pembuluh darah.

Barangkali Anda ingin ikut serta menyumbangkan darah, ada beberapa hal penting yang sebaiknya diketahui dan dipersiapkan sebelum melakukan donor. Berikut ini adalah beberapa panduan supaya kesehatan Anda tidak terganggu setelah mendonorkan darah :

1. Makanlah 3-4 jam sebelum menyumbangkan darah. Jangan menyumbangkan darah dengan perut kosong. Keadaan ini hanya akan membuat Anda pingsan setelah mendonorkan darah.

2. Minum lebih banyak dari biasanya pada hari mendonorkan darah (paling sedikit 8 gelas)

3. Beristirahat di kursi donor sampai 10 menit setelah darah diambil dan tenaga medis menempelkan plester di tempat jarum ditusukkan. Biarkan plester menempel di lengan 4 - 6 jam.

4. Beristirahatlah sebelum kembali beraktivitas, paling sedikit 10 menit dan cobalah makan kudapan.

5. Bila Anda merasa kurang sehat, segera beri tahu tenaga medis di tempat donor darah.

6. Usahakan jangan merokok selama 1 jam.

7. Jangan minum alkohol sebelum perut terisi.

8. Kembali bekerja setelah donor darah tidak berbahaya untuk kesehatan. Tetapi usahakan jangan berolahraga sampai keesokan harinya.

9. Untuk menghindari bengkak di lokasi bekas jarum, hindari mengangkat benda berat selama 12 jam.

10. Terus banyak minum sampai 72 jam ke depan untuk mengembalikan sepenuhnya volume darah.

Nah itu sekian tentang donor darah, ,kalian masih takut donor darah???
Buang rasa takut itu dan mulai sekarang donorkanlah darah kalian untuk orang yang membutuhkan....



Sumber : http://planetjokam.blogspot.com/2009/06/apasih-manfaat-donor-darah.html


By : Jupitter Pandawa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...