Halaman Utama

Rabu, 26 Januari 2011

Tidur Yang Berkualitas....??????????




Jupitter Tips _ Sobat, masih ingatkah tentang sebagian hidup manusia dipakai untuk beraktifitas dan sebagian lagi adalah untuk beristirahat / tidur? Kedua siklus tersebut saling menetukan satu sama lain. Banyak sekali penelitian yang mengungkap bahwa kualitas tidur yang buruk mempengaruhi performa manusia saat melakukan aktifitasnya. Atau banyak sekali kejadian, tentang orang yang kecelakaan saat mengendarai kendaraan karena kantuk yang disebabkan oleh kurang tidur.
Betapa vitalnya tidur bagi manusia, maka dari itu, sudahkan tidur Anda berkualitas? Apabila kualitas tidur Anda masih termasuk kedalam kategori ‘kacau’, maka Anda sangat cocok untuk meneruskan membaca ini sampai akhir.
Tentang durasi tidur
Sejak dulu para pakar kesehatan seringkali mengingatkan tentang lamanya waktu tidur manusia yang normal adalah 7- 8 jam. Namun banyak yang hanya menghabiskan waktu selama 4 jam atau bahkan hanya 3 jam saja untuk tidur. Bersiaplah dengan gangguan jantung. Karena biasanya kurang tidur semacam ini akan membuat detak jantung Anda menjadi tidak normal. Pada orang dewasa, kurang tidur bisa membuat depresi berat. Dalam keadaan kurang tidur yang parah, depresi terjadi lebih masif. Tidur yang terlalu lama juga tidak disarankan karena biasanya akan merusak pola tidur Anda selanjutnya.
Suhu ruangan saat tidur
Sulit untuk menghitung suhu yang paling akurat saat kita tidur. Saat suhu terlalu panas, Anda juga malah menjadi gelisah kesulitan untuk tidur, saat terlalu digin juga serupa. Anda tidak ingin kepanasan dan juga tidak ingin kedinginan saat tidur. Anda akan lebih mudah untuk menuju alam tidur pada suhu dingin. Maka, jika Anda tinggal di tempat yang suhunya panas, sebaiknya memiliki AC (Air Conditioner) dan di atur temperaturnya di 19-20 derajat C dan gunakan selimut untuk menyeimbangkan suhu tubuh Anda. Biasanya suhu tubuh Anda akan menurun pada saat tidur, ia akan mencapai puncak fluktuasinya pada sekitar jam 3-5 pagi hari dan akan kembali normal saat matahari terbit kembali.
Intensitas cahaya dan kebisingan
Ada beberapa tipikal orang yang tidak suka tidur dengan tanpa cahaya / mati lampu dan sebagian lainnya tidur dengan tanpa cahaya. Intensitas cahaya yang berlebihan bisa menggangu kualitas tidur Anda, karena pada saat inilah pertumbuhan organisme tubuh terjadi. Tidur bisa menumbuhkan tingkat hormon pertumbuhan dan menganti sistem imunitas. Saat tidur dilakukan dalam keadaan bercahaya terang, maka tubuh Anda tidak sepenuhnya beristirahat. Itulah mengapa biasanya Anda seringkali merasa masih mengantuk saat bangun tidur, padahal tidur sudah cukup. Begitupun dengan tingkat kebisingan, tidak disarankan tidur sambil mendengarkan musik atau menonton televisi walaupun banyak sekali kejadian tertidur saat menonton televisi. Ada juga beberapa yang berpikiran melakukan sound therapy dengan memutar musik tertentu saat tidur. Ya, sound therapy memang bagus, tetapi bukan saat Anda tidur, melainkan untuk mengantar frekuensi otak Anda menjadi lebih rileks dan santai, sehingga lebih mudah untuk tertidur. Ada beberapa frekuensi suara tertentu yang apabila terdengar berulang-ulang saat tidur akan menyebabkan pusing atau sakit kepala.
Tempat yang nyaman
Berbicara tentang tidur yang pulas adalah berbicara tentang kenyamanan. Tata serapi dan seindah mungkin ruang dimana Anda terbiasa tidur. Bau tak sedap juga akan menggangu kenyamanan tidur Anda. Akan bagus untuk kualitas tidur dengan memberikan wewangian aroma terapi pada ruangan atau pada bantal dan tempat tidur Anda.
Seks sebelum tidur
Banyak orang berpikiran apabila melakukan seks pada malam hari akan membuat mereka menjadi segar bugar dan sulit untuk tidur. Padahal hubungan seks itu membantu Anda untuk lebih nyaman, yang disebabkan oleh pelepasan hormon endorfin saat melakukan seks. Jadi, seks sebelum tidur akan membantu Anda melepas stress dan tentu lebih mudah tidur.
Tentang insomnia
Insomnia adalah semacam masalah tidur global. Banyak orang yang mengatasinya dengan berbagai macam obat tidur seperti xanax dan teman-temannya. Sebaiknya penggunaan obat tidur semacam itu didiskusikan dulu dengan dokter, karena kemungkinan biasanya obat-obatan semacam itu mengandung zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang berakibat efek samping. Terlebih apabila Anda sudah mengalami penyakit semacam ini berikut mengganggu kualitas dan performa hidup Anda, jangan anggap remeh, sebaiknya temui dokter dan diskusikan.
Menjaga kesehatan bukan hanya berbicara tentang segiat apa Anda berolahraga atau sesering apa Anda menjalani program-program kesehatan tertentu. Kesehatan Anda juga termasuk kualitas tidur didalamnya. Jadi, sudahkah tidur Anda berkualitas?



Sumber : http://solusiromansa.com/tidur-berkualitas-itu-penting-507

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...