Halaman Utama

Senin, 26 Maret 2012

Mengapa Dokter Bedah Menggunakan Baju Warna Hijau ? Ini Jawabannya



Jupitter Healt




Karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna


Jika kita sedang menjenguk seorang pasien dirumah sakit khususnya pasien yang telah dioperasi, mungkin tampak pada kita oleh sang dokter dan tim paramedis lain menggunakan seragam serba hijau mulai dari baju, celana bahkan sampai dengan penutup kepala. Mungkin terlintas sejenak dibenak kita dan bertanya "KENAPA BAJUNYA SANG DOKTER WARNA HIJAU, KENAPA BUKA BUKAN COKELAT, MERAH ATAU JUGA KUNING..??? "

Sebenarnya alasannya sangat sederhana selain untuk kenyamanan visual (enak dilihat), juga karena warna hijau adalah antagonis dari warna merah (darah).
 
Semula memang yang digunakan adalah warna putih yang melambangkan kebersihan. Namun, seorang dokter berpengaruh menggantinya dengan warna hijau karena menurut dia warna hijau lebih nyaman di mata. Walaupu sulit dikonfirmasi mengapa warna hijau jadi populer karena alasan ini, hijau memang cocok bagi dokter untuk melihat lebih baik di ruang pembedahan, karena hijau adalah lawan dari warna merah dalam roda warna.

Menurut seorang ahli psikologi, melihat pada warna hijau dapat menyegarkan mata ahli bedah dalam melihat benda-benda bewarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah saat pembedahan. Melihat warna merah terus meneruts menyebabkan sinyal warna merah di otak memudar sensifitasnya terhadap variasi warna merah.

Alasan lainnya adalah, terus-menerus berfokus pada warna merah akan menyebabkan ilusi nofa berwarna hijau pada latar warna berwarna terang atau putih. Ini akan menggangu penlihatan dokter. Jika warna baju ahli bedah berwarna hijau, ilusi ini akan memudar dan tidak akan mengganggu penglihatan dokter.
 
Itulah alasan dokter menggunakan warna hijau sebagai seragam untuk operasi, alasannya sangat sederhana dan rasional.






Sumber :: http://akatsuki-ners.blogspot.com/2011/04/mengapa-dokter-bedah-menggunakan-baju.html



jupitter.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...