Halaman Utama

Senin, 07 Maret 2011

Hypnotice Ilmiah Di Dunia Mistic



Jupitter News _ Kecuali Allah yang Maha Gaib, maka, semua hal yang ada di dunia bisa dipelajari secara empirik. Salah satunya adalah hipnotis, suatu cabang mistik yang berhasil diilmiahka...


Bagi pembaca, ilmu hipnotis tentu bukanlah hal baru. Berbagai kejadian yang terkait dengan hipnotis di tengah masyarakat juga sering kita dengar. Misalnya orang dihipnotis lalu kehilangan harta bendanya.



 
Sementara itu, beberapa paranormal juga menawarkan jasa dan pengajaran ilmu hipnotis seperti dalam iklan mereka. Dan, kami sadar apa yang ada dibenak pembaca tentang hipnotis adalah sesuatu yang penuh dengan unsur klenik dan mistik.
Tapi seiring dengan perkembangan pemikiran manusia, ilmu hipnotis ternyata bukan melulu mistik dan klenik. Hipnotis bisa diilmiahkan dan bahkan sangat ilmiah, semua bisa diurai dan dijelaskan dengan logika. Tidak harus ada menyan, mantera, ritual atau jin yang mengerikan. Hipnotis adalah suatu seni komunikasi yang sangat persuasif dan prima, sehingga dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Adalah Yan Nurindra MCH, CHt., 43 tahun, seorang pakar hipnotis yang pertama kali memperkenalkan teori hipnotis modern di negeri ini. Tahun 1999, Yan mulai berpikir ulang tentang profesinya sebagai Dukun Gendam. Akal sehatnya terus berputar mencari tahu apa rahasia di balik ilmu gendam dan hipnotis. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk mempelajari ilmu hipnotis di Amerika dan Kanada. Hasilnya cukup mengejutkan. Ilmu hipnotis ternyata bisa dipelajari oleh siapapun tanpa unsur mistik sama sekali.



 
“Perangkat mistik dalam hipnotis hanya sebuah sugesti mental agar orang punya keyakinan akan kekuatan hipnotis,” jelas Yan ketika ditemui Misteri beberapa waktu lalu.
Meski begitu, Sarjana Teknik lulusan Institut Tekhnologi Surabaya ini tidak menampik bahwa ilmu hipnotis memang berangkat dari hal mistik dan klenik. Menurut sejarah, hipnotis berawal dari fenomena trance (kesurupan) di berbagai kebudayaan masa silam. Perjalanan hipnotis diadaptasi dari metode hipnotis kuno oleh Dr. Franz Anton Mesmer diabad XVI dan dikenal dengan teknik Mesmerisme yang menduga adanya kekuatan magnit dalam tubuh manusia. Era hipnotis modern dimulai pada abad XX. Dan hipnotis telah bermetamorposis dari spekulasi gejala magnetisme ke teknik komunikasi persuasif. Sehingga tahun 1950-an metode hipnotis telah diakui oleh pemerintah Amerika.



 
Saat ini, hipnotis merupakan suatu keterampilan komunikasi yang sangat persuasif sehingga dapat mengalihkan kesadaran seseorang di kesadaran eksternal ke kesadaran internal. Pada fokus kesadaran internal kepada seseorang dapat diberikan sugesti-sugesti yang dapat memprogram ulang alam bawah sadar seseorang untuk berbagai tujuan. Kini melalui sistem pengajaran khusus yang dikembangkan oleh The Indonesian Board of Hypnotherapy, maka hipnotis dapat dipelajari hanya dalam waktu 8 jam.



 
Dijelaskan Yan yang tercatat sebagai anggota National Guild of Hypnotist, pada perkembangan selanjutnya ilmu hipnotis diaplikasikan menjadi tiga bagian. Pertama, hipnotis untuk pertunjukan yang disebut dengan nama Stage Hypnotist. Kemudian Hypnotherapy, ilmu hipnotis yang banyak digukana orang untuk penyembuhan penyakit medis dan non medis. Dan yang ketiga adalah Hypnoselling, sebuah ilmu hipnotis yang banyak digunakan orang untuk urusan bisnis dan usaha.



 
Lebih jauh Yan menjelaskan, Stage Hypnotist adalah bagian dari ilmu hipnotis yang digunakan dalam sebuah pertunjukan guna menghibur penontonnya. Pengguna Stage Hypnotist harus memiliki penampilan yang meyakinkan, unik atau lain dari yang lainnya, seperti yang sering kita lihat di layar kaca. Romy Raphael adalah salah seorang pengguna Stage Hypnotist tersukses di Indonesia. Dengan penampilannya yang khas, Romy bisa membuat orang terhipnotis sebelum dia beraksi.



 
ypnotherapy adalah bagian dari ilmu hipnotis yang digunakan orang untuk menyembuhkan penyakit medis dan non medis. Misalnya orang terkena strooke, dengan terapi hipnotis otot-otot yang sulit bergerak dapat kembali bergerak. Sebab pada dasarnya otot yang tidak dapat digerakan tersebut akibat tersumbatnya perintah otak pada organ yang terkena strooke. Demikian pula dengan penyakit-penyakit lain, semua bisa dicari sebabnya lalu diobati dengan metode Hypnotherapy.



 
Terakhir dan yang akan kami bahas lebih jauh adalah Hypnoselling, sebuah ilmu hipnotis yang khusus digunakan para pengusaha, artis, pembicara publik dan sebagainya yang berkaitan dengan bidang usaha. Hypnoselling bukan teknik yang bertujuan untuk menipu, menidurkan orang, mengalihkan kesadaran, memanipulasi atau tujuan-tujuan lain yang sifatnya negatif. Hypnoselling adalah teknik penjualan (usaha-Red.) yang diguakan untuk membenahi dan memotivasi mental, memahami psikologi proses, mengenali kebutuhan tersembunyi klein, mengatasi hambatan keberatan dan menutupnya dengan win-win solusion.
Tahukah, keputusan yang diambil seseorang 88% dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar manusia (sub-conscious). Hanya 12% keputusan seseorang diambil atas dasar logika dan analisa ekonomi. Inilah alasan mengapa tidak selalu harga termurah yang dibeli, tidak selalu produk/jasa terbaik yang dipilih. Mengapa seorang konsumen selalu datang dan datang kembali pada produsen yang sama dan tidak kepada yang lain. Ini sekaligus menjelaskan mengapa selalu ada orang yang gagal bertransaksi.



 
Seorang bintang tidak dilahirkan, tetapi dibentuk. Sebagian orang percaya bahwa kemampuan seseorang semata-mata merupakan talenta atau bakat seseorang sejak lahir yang tidak bisa ditiru atau dipelajari. Tapi dengan hipnotis berbagai teknik dan trik yang dulu hanya dikuasai secara alamiah oleh mereka yang terlahir sebagai seorang super dapat dipelajari dan dikuasai oleh siapapun juga. “Percayalah apa yang bisa dilakukan orang lain, kita juga bisa melakukannya. Jika orang lain bisa kaya raya, kenapa kita tidak,” tutur Yan.
Lebih jauh tentang hipnotis, menurut Yan pada dasarnya hipnotis adalah bagaimana cara kita menyampaikan keinginan pada lawan bicara. Untuk menghipnotis, seorang pelaku harus bisa berkomunikasi dengan baik, mempunyai penampilan yang meyakinkan dan percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Pelaku juga harus mengetahui waktu yang tepat kapan alam bawah sadar korban terbuka dan bisa disusupi.



 
Dalam kondisi tertentu, alam bawah sadar seseorang terbuka lebar, saat itulah ia bisa dihipnotis dengan mudah. Teknik jitu untuk membuka alam bawah sadar seseorang adalah dengan cara mengejutkannya. Sebab dalam keadaan terkejut, kerja otak seseorang akan sangat minim. Korban nampak terperanggah, melongo dan bisa mengikuti apa yang kita ucapkan.
Pada kejadian yang ekstrim, dalam keadaan terkejut itu pelaku bisa menyusupi alam bawah sadar dan memerintahkan apapun pada korban. Misalnya yang sering kita dengar adalah ketika pelaku kejahatan hipnotis minta harta benda korban. Dengan mudah pelaku bisa minta isi dompet, perhiasan, handphone dan sebagainya. Bahkan pelaku juga bisa memerintahkan korban untuk tidur, berjalan atau melakukan apapun sesuai dengan perintah pelaku hipnotis.



 
Pada aplikasinya di dunia bisnis, pelaku hipnotis juga bisa mempengaruhi atau menyusupi alam bawah sadar orang lain untuk kepentingan tertentu. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang negosiator, salesman atau publik relation sebuah perusahaan besar. Tehniknya sama seperti di atas, pelaku harus pandai bicara dan membuat lawannya terkejut. Saat terkejut itulah alam bawah sadar seseorang terbuka lebar dan mudah dihipnotis.
Itulah sebabnya mengapa seorang pelaku bisnis cenderung membawa wanita cantik, seksi dengan sedikit dada atau paha yang terbuka saat melakukan negosiasi. Sebab pada saat nego berlangsung diharapkan konsentrasi lawan bicara tergoda, terganggu karena melihat dada atau paha terbuka. Celakanya ketika ia sadar tengah diperhatikan pemilik dada atau paha tersebut, orang akan terkejut dan langsung melihat mata si wanita cantik.



Tatapan mata itulah yang membahayakan, sebab ketika korban melihat mata wanita dalam kondisi terkejut, seluruh kerja otaknya berhenti di level bawah. Dan saat itulah pelaku bisa menghipnotis alam bawah sadar korban dan memprogram ulang isi kepala korban. Pelaku bisa menyisipkan kalimat sesuai keinginannya. Itulah mengapa banyak orang yang tidak bisa menolak permintaan orang lain jika melihat matanya. “Dalam hal ini bukan cantik atau seksi yang membuat orang tergiur, tapi daya tarik dibalik tatapan itulah yang membuat orang tak mampu menolak,” ungkap Yan.
Tapi diakui Yan, tidak semua orang bisa dihipnotis dengan mudah. Hanya 10 persen dari satu komunitas bisa dihipnotis dengan mudah, 5 persen biasa saja dan sisanya sulit dihipnotis. Ditemui di kantornya, Plaza Basmar, Jakarta Selatan, Yan menyampaikan tips agar terhindar dari kejahatan hipnotis. Jangan menatap mata pembicara terlalu lama, tetaplah fokus dan berpikir apa saja. Hindari mengikuti alur pembicaraan orang lain, kalau bisa ajak ia bicara sesuai keinginan kita.




Sumber : http://mystys.wordpress.com/2008/03/18/hipnotis-ilmiah-di-dunia-mistik/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...