Halaman Utama

Minggu, 27 Maret 2011

Mimisan...??? Gimana Yaaa...???

 


Apa yang sebaiknya kita lakukan saat kita mengalami mimisan?

Jupitter News _ Mimisan atau perdarahan hidung dapat menjadi satu hal yang menakutkan, baik untuk dilihat atau mengalaminya sendiri. Tapi cobalah untuk tetap tenang menghadapinya. Kebanyakan mimisan terlihat lebih buruk dari apa yang sebenarnya. Dan ahmpir semua mimisan dapat diobati sendiri dirumah.

Jika anda menglamai mimisan, maka yang sebaiknya anda lakukan adalah duduk, dan bersandarlah dengan posisi sedikit condong ke depan. Jaga agar posisi kepala lebih tinggi dari posisi jantung anda, posisi ini akan mebuat perdarahan hidung akan sedikit jumlahnya atau berkurang. Dengan bersandar agak condong ke depan maka darah akan mengalir keluar dari hidung . Tapi jika anda lebih condong ke belakang, anda mungkin akan menelan darah yang mau keluar dari hidung yang dapat menyebabkan mual-mual, muntah dan terjadi diare (diarhea)

Gunakan ibu jari anda dan jari telunjuk untuk menekan bersamaan dengan lebut pada hidung. lokasi penekanan terletak diantara unjung hidung dan tulang hidung (lihat gambar), Tetap lakukan penekanan pada area tersebut sampai perdarahan terhenti. Jangan lepaskan atau menghentikan penekanan untuk minimal waktu penekanan 5 menit. Jika perdarahan belum bisa dihentikan, lakukan penekaknan kembali selama 10 menit.


mimisan
Anda dapat juga mengompres dengan kompres dingin atau dengan menggunakan kantong es dan letakkan kompres secara menyilang pada tulang hidung. Setelah perdarahan terhenti, jangan lakukan kegiatan apapun karena hal itu akan memicu timbulnya perdarahan lagi, seperti aktifitas membungkuk atau memukul hidung dan lain-lain.

 

Bagaimana menghentikan perdarah hidung atau mimisan?.

* Jepit dengan halus bagian dari hidung anda tepat dibawah tulang hidung.
* Jepit hidung anda untuk menghentikan perdarahan hidung


Penyebab Mimisan

* Penyebab yang paling umum adalah kekeringan (paling sering kekeringan yang disebabkan oleh panas didalam ruangan pada musim dingin) dan mencungkil-cungkil (mengumpat) hidung. Dua hal tersebut diatas bejalan bersamaan, dimana kondisi mencungkil hidung terjadi lebih seringnya pada saat mucus ( lendir atau ingus ) di dalam hidung kering dan mengeras.

* Sebab lainnya adalah termasuk kondisi cedera, kedinginan, alergi atau penggunaan kokain.

* Pada anak-anak biasanya mimisan terjadi karena mereka memasukkan objek atau benda kecil kedalam hidung untuk mengorek ingus yang mengering.

* Pada orang dewasa bisa disebabkan oleh atherosclerosis, tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan penggumpalan darah, atau mungkin karena efek konsumsi obat seperti aspirin yang berlawanan dengan penggumpalan darah.

* Penyebab dari mimisan sering tidak dapat ditentukan dengan pasti.



 



Anatomi saluran napas atas

 
Kenapa hidung cenderung lebih mudah berdarah (mimisan)?

Pada hidung terdapat banyak pembuluh darah didalamnya yang membantu menjaga kehangatan dan kelembaban udara pernafasan. Pembuluh-pembuluh darah itu berada dekat pada permukaan yang membuatnya mudah terjadi cedera atau perlukaan pada pembuluh darah tersebut. Hal inilah yang menjadi sebab kenapa hidung lebih mudah dan cenderung mengalamai perdarahan.



Apakah Mimisan itu berbahaya dan serius?

Kebanyakan mimisan yang terjadi tidak berbahaya, dan kebanyakan terjadi dibagian depan dari hidung dan dapat berhenti dalam beberapa menit.

Sebaliknya, hanya sedikit kasus mimisan yang terjadi pada bagian belakang hidung yang terdapat banyak pembuluh darah. Perdarahan pada bagian tersebut dapat menjadi berbahaya dan mungkin terjadinya akibat cedera atau kecelakaan.

Beberapa tipe mimisan berikut ini lebih umum terjadi pada orang yang lebih tua dan sering berkaitan dengan tekanan darah tinggi, atherosclerosis, penggunaan aspirin harian atau gangguan penggumpalan perdarahan. Biasanya semakin tua usia seseorang terkena mimisan maka semakin serius mimisan tersebut tentu saja berkaitan dengan sebab-sebab seperti darah ringgi, atherosclerosis, penggunaan aspirin harian atau gangguan penggumpalan perdarahan.

hidung berdarah
Jika perdarahan hidung atau mimisan anda berlangsung selama lebih dari 15 menit atau jika terjadinya setelah anda mengalami cedera seperti hantaman atau benturan pada muka, dan khususnya jika anda berpikir terjadinya kerusakan hidung, maka anda akan memerlukan perhatian medis. Kondisi-kondisi tersebut sebaiknya perlu ditangani secara medis oleh tenaga kesehatan. Mimisan setelah jatuh dari ketinggian atau dari kecelakaan mobil dapat ditandai dari adanya perdarahan internal

Sering mimisan mungkin juga berarti seseorang tersebut mempunyai masalah yang lebih serius. Sebagai contoh mimisan dan adanya benjolan dapat menjadi indikasi dan tanda awal dari leukimia. Mimisan juga dapat menjadi suatu tanda dari gangguan penggumpalan darah dan tumor hidung baik yang bersifat kanker (baca faktor pencetus kanker) atau non kanker.


Berobatlah atau temui dokter jika terjadi hal-hal dibawah ini:

* Mimisan berlangsung atau tidak berhenti lebih dari 15 menit.
* Mimisan yang disebabkan karena cedera atau setelah kecelakaan
* Sering mengalami Mimisan

 


Apa yang akan dokter lakukan dengan mimisan?

Dokter akan mencoba untuk menemukan darimana perdarahan pada mimisan itu berasal dari hidung anda. Dokter mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan dan memeriksa hidung anda. Jika mimisan tidak berhenti dengan sendirinya atau berhenti dengan menggunakan penekanan pada hidung, dokter mungkin akan membakar (Cauterization) pembuluh darah atau membalut hidung anda untuk menghentikan mimisan tersebut. Cauterization melibatkan penggunaan suatu peralatan elektrik atau listrik, peralatan jahit untuk membakar pembuluh darah sehingga perdarahan dapat terhenti. Dokter akan melakukan anestesi (agar mati rasa) pada hidung sebelum prosedur Cauterization dilaksanakan.

Membalut hidung dengan menggunakan kassa ke dalam hidung untuk memberikan tekanan yang cukup pada hidung yang di tempatkan pada pembuluh darah untuk membuatnya berhenti berdarah.


Tips pencegahan Mimisan

* Peliharalah kuku-kuku anak anda agar tetap pendek untuk menghindari anak anda dari terjadinya mimisan karena mencongkel atau mengurik hidung dengan kuku yang panjang.
* Gunakanlah Humidifier atau alat pelembab udara pada malam hari di tempat tidur anda untuk mnghindarkan adanya pengaruh kekeringan dari udara panas didalam rumah
* Berhenti merokok, merokok dapat mengeringkan hidung dan bisa berakibat iritasi pada hidung.
* Buka mulut anda saat anda bersin

Note : Posting ini terkhusus wat Sahabat Jupi yang ada di Kab. Lahat  "Yovie"  moga info ini dapat berguna wat kamu ya...



Sumber : http://www.epuskesmas.com/kabar-kesehatan/tips-dan-trik/12-mimisan-gimana-yach-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...