Halaman Utama

Minggu, 09 Januari 2011

Cara menghilangkan bau ketiak




Malu ah….. hari gini masih beraroma tak sedap. Biar Anda tak dijauhi teman , tangkis bau badan sebelum terjadi.

Masalah bau badan sepintas terkesan sepele, tapi sebenarnya efeknya fatal untuk pergaulan dan karier. Siapa sih yang ingin jadi bahan pembicaraan karena ngetop soal……bau badanya yang tak sedap. Atau terhambat promosi di kantor hanya karena bau badan.  Karena itu masalah bau badan dan cara menghilangkan bau badan tak penah basi jika di bahas.

GARA-GARA BAKTERI 

Bau badan biasanya identik dengan keringat.Uniknya,bukan keringatlah yang menyebabkan bau badan.Pasalnya,keringat tidak berbau.Bakteri yang tumbuh subur dalam keringatlah yang menimbulkan bau tak sedap itu.Tubuh mempunyai dua tipe kelenjar karingat,yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.Kelenjar ekrin ada di hampir seluruh bagian tubuh,terutama di telapak tangan,telapak kaki,dan ketiak.Sedangkan kelenjar apokrin banyak terdapat di ketiak dan area organ kelamin.Sebagian kecil terdapat di sekitar mulut,payudara,dan liang telinga bagian luar.

Saat suhu tubuh meningkat,sistim saraf akan mendorong kelenjar ekrin untuk mengeluarkan cairan alias keringat ke permukaan kulit.Fungsinya untuk menurunkan suhu tubuh.Nah,keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin tidak berbau.Bau hanya akan timbul bila terdapat bakteri di salah satu lapisan kulit(keratin).
Misalnya telapak kaki yang kotor dapat menyebabkan keringat dari kelenjar ekrin menjadi bau.Selain bakteri,makanan tertentu(bawang putih,kari dan alkohol),obat-obatan,dan penyakit metabolik(diabetes hipertensi)juga biasa memberi aroma tertentu pada keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin.

Meski demikian ,ada juga lho keringat yang dari sononya sudah berbau.Keringat yang seperti ini dihasilkan oleh kelenjar apokrin.Bau timbul karena ada suatu jenis bakteri yang terdapat pada kelenjar apokrin.Bakteri yang bertanggungjawab ini menghasilkan ammonia dan asam lemak ammonia dan asam lemak rantai pendek yang memicu timbulnya bau.Perlu diperhatikan juga,factor iklim yang panas seperti di Negara kita dan kebersihan kulit juga berperan menimbulkan bau.

Anda mungkin bertanya-tanya,seperti apakah yang disebut berkeringat secara normal?
Jawabannya bias sangat bervariasi.Cuma anda sendirilah yang bias mengukur kadar normal untuk anda sendiri.Coba perhatikan kadar keringat Anda saat sedang berolahraga,kepanasan,atau sedang stres.Kalau suatu ketika Anda mengalami perbedaan,misalnya berkeringat lebih banyak atau lebih sedikit,berkeringat di malam hari tanpa alas an,atau timbul bau badan yang sangat tak sedap,maka saatnya berkonsultasi dengan dokter.Tapi,bila keringat anda biasa- biasa saja namun terganggudengan bau badan,coba atasi dengan produk pengendali keringat.

Coba Cara Alami
Mau mengatasi  bau badan secara alami? Ada beberapa alternative. Boleh-boleh saja dicoba bila anda tak ingin ketiak terlalu sering bersentuhan dengan bahan sintetis.

1.     Campur baking soda dengan jus lemon , lalu aplikasikan ke area ketiak yang kering dan sudah dibersihkan terlebih dahulu.
2.     Aplikasikan jus lemon ke area ketiak sesaat setelah mandi.
3.     Campur minyak esensial, misalnya lavender atau tea-tree dan sedikit air, lalu aplikasikan ke area ketiak.
4.     Bersihkan area ketiak dengan apple cider vinegar
5.     Balurkan minyak chamomile saat mandi untuk meluruhkan kulit mati.
6.     Minum jus tomat setiap pagi selama seminggu. Minggu berikutnya, minum jus apapun setiap hari.



Sumber : http://www.geraiwanita.com/cms.php?id_cms=10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...