Halaman Utama

Sabtu, 21 April 2012

Tips . Menghadapi Gempa Bumi




Jupitter Tips






Indonesia merupakan daerah yang rawan terhadap terjadinya gempa. Bahkan belakangan ini gempa yang banyak menelan korban terjadi di Indonesia. Seperti telah terjadi gempa Tasik malaya dan gempa di padang.

Karena saat terjadinya gempat sulit untuk diprediksi, maka bagi penduduk Indonesia sudah semestinya menguasai cara-cara dalam menghadapi gempa bumi. Berikut adalah tips untuk menghadapi terjadinya gempa bumi :

  • Jika sedang berada di dalam rumah, tetaplah di ruangan. Berlindunglah di kolong meja atau tempat tidur. Jauhi dinding, lemari, jendela, pintu, dan sumber api (listrik). Jangan berlari keluar rumah ketika bangunan rumah sedang digoyang gempa, sebab bisa tertimpa reruntuhan atau terkena lemparan jendela.
  • Jika berada di dalam gedung tinggi, jauhi jendela dan jangan berada di sisi tembok. Berlindung di bawah meja di dekat pilar atau tembok bagian dalam. Jangan gunakan lift atau elevator.
  • Jika sedang berada di luar rumah, carilah lapangan terbuka, jauhi bangunan, tiang listrik, atau gedung yang bisa menimpa Anda.
  • Jika sedang mengendarai mobil, hentikan mobil dengan hati-hati. Arahkan kendaraan ke jalan yang lebih sepi. Jangan berhenti di bawah jembatan, di jalan layang, di bawah pohon, papan reklame, tiang listrik, lampu lalu lintas, lampu penerangan jalan. Tetaplah berada di dalam kendaraan sampai gempa berhenti.
  • Jika sedang berada di gunung, waspadailah terhadap kemungkinan terjadi tanah longsor atau pohon tumbang.
  • Jika berada di pantai, waspada terhadap kemungkinan bahaya tsunami.
  • Yang paling utama adalah berdo'a kepada Tuhan agar diberi keselamatan.





Sumber :: http://tipsnya-info.blogspot.com/2009/10/tips-menghadapi-gempa-bumi.html


jupitter.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...