Halaman Utama

Jumat, 20 April 2012

Mitos Dan Legenda Hercules



Jupitter Story




Zeus, raja para dewa, ingin punya anak manusia yg akan jd teman baik bagi manusia maupun para dewa. Lalu ia punya anak dari Alcmene. Zeus memberi nama anak itu Heracles yg artinya "kemuliaan Hera". Tapi Hera yg merupakan istri zeus membenci anak itu karena anak itu bukan anaknya sendiri. Hera menyatakan bahwa ia tidak akan berhenti sebelum ia memberikan pembalasannya. 

Hera iri pada Hercules sehingga pada suatu malam ia mengirimkan 2 ular besar ke kamarHrcules kecil untuk membunuhnya. Hercules kecil terbangun, tanpa rasa takut ia mencengkeram dan mencekik kedua ular itu dgn tangan kosong. Selama pertumbuhannya, Hercules dilatih dgn baik dalam hal seni berperang, berkelahi, dan bergulat. 

Hercules jg belajar alat music Harpa dgn gurunya yg bernama Linus. Suatu hari Hercules merasa jengkel dgn Linus dan ia pukul dgn harpa, karena terlalu keras akhirnya Linus meninggal. Sebagai hukuman, ia diasingkan di pergunungan. Setelah masa hukuman berakhir, ia pulang ke Thebes dan menikah dgn Megara.

Selama masa-masa ini kegusaran Hera masih menyelimuti Hercules. Suatu hari Hera memantrai Hercules dgn Kegilaan, shg Hercules secara tdk sadar membunuh istri dan anak-anaknya. Setelah melakukan perbuatan yg mengerikan itu, Hercules mohon petunjuk dan pengampunan dari peramal Delphi, untuk membersihkan diri ia disuruh menjadi budak raja Eurystheus dari Mycenae. Eurystheus memberi 12 tugas yg tdk masuk akal bagi manusia biasa kepada Hercules. Ke 12 tugas itu adalah : 

1. Singa Nemea adalah binatang buas yg menakutkan yg membuat kerusakan di daratan Nemea, semua usaha gagal karena singa itu punya kulit yg tdk dapat ditembus panah. Hercules menjebak singa itu dan mencekiknya hingga mati. Hercules mengambil kulitnya untuk pakaian & memakai kepala binatang buas itu untuk helm.
2. Hydra Lerna ular raksasa berkepala 9, salah satunya abadi. Hercules memaksa monster itu keluar dari rawa dan dgn pertolongan pembantunya Iolaus, Hercules membakar masing-masing kepala hydra dgn obor, dan mengubur kepala abadinya yg terakhir.
3. Babi hutan Erymanthus ialah binatang raksasa dari gunung Erymanthus, Hercules diperintahkan menangkap babi hutan ini hidup-hidup, untuk menyelasikan tugas ini, ia mengejar babi itu selama beberapa hari hingga babi ini jatuh kecapaian, lalu ditangkaplah babi hutan ini.
4. Rusa jantan Artemis terkenal karena kecepatan larinya. Dalam usaha menangkap rusa ini, Hercules mengejarnya selama satu tahun tanpa hasil, akhirnya Hercules menggunakan anak panah terhadap kaki rusa ini sehingga membuatnya tdk berdaya.
5. Burung Stymphalis, dgn paruh, cakar, dan bulu dari tembaga, tinggal dihutan dekat danau Stymphalis. Burung ini dapat terbang tinggi sekali dan menjatuhkan bulunya yg tajam pada binatang dan manusia. Hercules memakai perisai perak lebar untuk menutupi dirinya dan memanah jatuh burung itu dengan anak panah beracun.
6. Sapi jantan Kreta, mengamuk dan menyebabkan kerusakan besar di pulau Kreta. Dengan menangkap tanduk keperakannya, Hercules melempar sapi jantan itu, setelah ditaklukkan ia membawanya kepada raja Eurystheus.
7. Kandang Augeas, punya banyak kawanan biri-biri, sapi, dan ternak. Raja memerintahkan Hercules membersihkan kandang itu dalam 1 hari. untuk menyelesaikan tugas itu, Hercules mengubah 2 buah aliran sungai supaya mengalir masuk ke dalam kandang.
8. Ikat pinggang Hyppolita, anak perempuan raja ini ingin punya ikat pinggang milik Hyppolita ratu dari suku Amazon. Akhirnya Hercules berperang melawan suku Amazon dan berhasil membawa ikat pinggang keemasan itu.
9. Ternak milik Geryon, Raja menginginkan ternak milik Geryon, sehingga Hercules harus membunuh Geryon yg merupakan monster yg memiliki anjing berkepala 2.
10. Kuda betina milik Raja Dyomedes, Hercules harus menangkap kuda betina ini dengan melakukan pertempuran sengit melawan Raja Dyomedes.
11. Apel keemasan dari Hesperides, Raja menyuruh Hercules mengambil apel ini, tapi sebelumnya ia harus membunuh naga penjaganya.
12. Penangkapan Cerberus, untuk tugas terakhir ini Hercules harus turun ke dalam perut bumi dan menangkap cerberus, anjing berkepala 3 milik Hades, dgn tangan kosong, Hercules mencekik Cerberus sampai pingsan dan membawanya untuk sang Raja.



Sumber :: http://misteri-us.blogspot.com/2011/01/mitos-dan-legenda-hercules-heracles.html


jupitter.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...