Halaman Utama

Rabu, 11 April 2012

Awas ! Jangan Mengeleti Keropeng Luka


Jupitter Medical



Seringkali keropeng luka yang sudah mengering dan terasa gatal dikeleti. Mungkin karena alasan agar luka cepat kering atau sembuh atau mengganggu pandangan mata sehingga tak jarang tangan kita menjarah keropeng luka sampai berdarah. Apalagi jika saat mengeleti kulit tangan dalam keadaan kotor dan tidak bersih, tentu dapat membuat masalah baru yaitu munculnya infeksi pada daerah luka. Tentu ada alasan khusus mengapa kita tidak boleh mengeleti keropeng luka.

Biarkan kulit kering yang mati bercampur sisa darah dan nanah mengelupas sendiri. Mengeleti keropeng luka berarti membuka lapisan kulit yang masih muda di bawahnya terpapar dunia luar. Kulit muda belum siap terpapar dunia luar, juga belum kuat menghadapi ancaman infeksi. Biarkan secara alami, begitu kulit muda sudah cukup matang, ia akan mendesak keropeng di atasnya untuk terkelupas sendirinya.

Lepasnya keropeng secara tak sengaja (tersenggol) biasanya akan mengeluarkan darah, tanda kulitnya masih rapuh. Dalam keadaan demikian, bubuhi antibiotika untuk melindungi kulit muda agar tak terinfeksi dan terjadi borok baru.

Jadi untuk mendapatkan kesembuhan maksimal dan kulit baru yang baik, usahakan luka jangan dikeleti tapi harus bersabar menunggu sampai ia terlepas sendiri.





Sumber :: http://akatsuki-ners.blogspot.com/2011/07/awas-jangan-mengeleti-keropeng-luka.html



jupitter.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...