Halaman Utama

Senin, 16 Maret 2015

Fhoto - Fhoto Kemanusiaan Paling Menyentuh


jupitter story

Sahabat Setia j'lov.Usaha untuk mengabadikan sejarah sepertinya adalah salah satu naluri manusia. Sejak dahulu kala kita sudah berusaha untuk mendokumentasi kejadian yang kita anggap penting lewat gambar, tulisan atau media lainnya. Masing-masing dari media tersebut memiliki kemampuan tersendiri dalam menyuarakan sejarah di baliknya. Berikut ini adalah beberapa foto-foto bersejarah yang menggetarkan kemanusiaan kita. Pada titik ini, melalui foto-foto menyedihkan ini, dapat kita lihat bahwa terkadang manusia bisa sangat kejam terhadap manusia lain.
1. Wanita Mongolia
Foto Kemanusiaan Paling Menyentuh
Foto ini pertama kali dipublikasikan di National Geographic pada tahun 1913. Seorang fotografer Stefan Passe, ketika itu baru saja kembali dari perjalanannya di Mongolia yang baru saja merdeka. Gambar ini adalah cara orang Mongolia pada jaman dulu untuk menghukum orang-orang yang jahat. Ini adalah semacam penjara dengan bentuk tradisional.
Orang yang dianggap melakukan kejahatan akan dimasukkan ke dalam sebuah kotak dan dikunci. Di kotak ini, orang yang dihukum tersebut tidak akan bisa tidur ataupun duduk dalam posisi yang nyaman karena kotak tersebut sangatlah sempit. Kotak ini akan ditempatkan di pasar yang ramai dilalui orang-orang. Orang yang berlalu lalang bebas menghina orang yang dipenjara ini sebagai bentuk dari hukuman. Namun, bagi yang berbaik hati, mereka terkadang memberikan makanan.
2. The Shanghai Baby
Foto Kemanusiaan Paling Menyentuh
Pada tahun 1937 perang Sino Jepang dimulai dan menjadi salah satu rangkaian dari Perang Dunia ke II. Tidak lama setelah perang tersebut, Jepang memutuskan untuk menyerang China untuk mengusir brikade tentara China yang ada di Sungai Whampoo, Shanghai. Jepang mengumumkan bahwa mereka akan menyerang pada 28 Agustus 1937 dan para wartawan bergegas untuk mengabadikan momen itu.
Namun pada hari H penyerangan, alih-alih menyerang markas militer, Jepang justru menyerang sebuah stasiun kereta api dimana terdapat sekitar 1.800 penduduk yang sedang menanti dievakuasi. Kebanyakan dari penduduk tersebut adalah bayi dan wanita. Para pasukan Jepang mengaku mereka salah tanggap dan mengira kerumunan tersebut adalah pasukan militer China. 1.500 nyawa melayang pada insiden itu.
Seorang fotografer, H.S Wong melihat seorang bayi terlantar dengan muka teluka di rel kereta api pasca kejadian itu. Dia kemudian mendudukkan bayi itu di peron untuk menyelamatkan bayi lainnya. Dia kemudian mengambil foto bayi yang sedang menangis tersebut. Foto Wong ini membuat pemerintah Jepang meradang dan menjadikan Wong sebagai buron. Pemerintah Jepang bahkan bersedia memberikan uang bagi siapa yang berhasil membunuh Wong. Namun Wong berhasil dievakuasi ke Hong Kong dan mendapat perlindungan dari Pasukan Inggris.
3. The Crying Boy Soldier
Foto Kemanusiaan Paling Menyentuh
Perang memang menyisakan tangis bagi banyak orang. Salah satunya adalah remaja 16 tahun dalam foto ini. Remaja ini bernama Hans Georg Henke. Dia adalah bagian dari pasukan Hitler Youth, dimana Adofl Hitler mengumpulkan para pemuda untuk menjadi bagian dari pasukannya. Foto ini diambil pada tanggal 1 Mei 1945, sehari sebelum Jerman menyerah.
Foto ini menunjukkan bahwa pria muda yang tidak mengerti apa-apa ini harus menjadi bagian dari perang yang mengerikan dan menyiksa. Dia bahkan tampak terlalu kecil untuk seragam tentara yang dia kenakan. Pria muda ini tampak menangisi tragedi dan perang berkepanjangan di negerinya.
4. Pemisah Berlin
Foto Kemanusiaan Paling Menyentuh
Pada 13 Agustus 1961, Jerman akhirnya membentangkan kawat berduri yang memisahkan kota Berlin menjadi dua. Pemisahan ini sangatlah menyedihkan dan akhirnya menjadi lebih menyayat hati lagi setelah dibangunnya tembok Berlin. Siapa saja yang berada di Timur dilarang untuk pergi ke Barat dan sebaliknya. Para tentara pun ditempatkan di dekat kawat berduri tersebut untuk menjaga perbatasan.
Di foto ini tampak seorang tentara sedang mengawasi keadaan sekitar untuk menyelamatkan seorang anak. Anak laki-laki tersebut tampak merentangkan tangannya, minta digendong dan dibawa menyeberang ke Barat. Anak tersebut ternyata terpisah dari orang tuanya. Sang tentara tahu, bahwa dia tidak boleh memindahkan anak tersebut. Namun karena dia tidak tega, akhirnya dia menggendong anak itu dan membiarkan dia bersatu dengan keluarganya. Tentara dalam foto ini kemudian dinonaktifkan dari tugas dan tidak ada yang tahu hukuman macam apa yang diberikan kepadanya atas aksi tersebut.
5. The Nagasaki Brother
Foto Kemanusiaan Paling Menyentuh
Foto ini diambil oleh fotografer asal Amerika Serikat, Joe O’Donnell setelah pengeboman dahsyat di Nagasaki. Joe menyaksikan langsung semua kejadian mengerikan itu yang membuat dia menderita depresi di tahun-tahun kemudian. Menurut anak dari Joe, foto ini adalah foto yang paling mempengaruhi Joe lebih dari foto-foto lainnya. Bayi yang ada dalam gendongan dalam foto ini telah meninggal. Sementara sang kakak sedang menggendongnya untuk membawa si adik ke tempat krematorium untuk penghormatan terakhir.
Sebelum tubuh adiknya dikremasi, anak ini berdiri dengan sikap tegak dan hormat, sebagai penghormatan terakhir bagi adiknya. Dia menolak untuk menangis, meski dia kehilangan anggota terakhir yang dimilikinya. Seperti sikap seorang ksatria, dia berdiri tegak, menggigit bibirnya agar tidak menangis. Pengeboman Nagasaki adalah serangan paling mematikan yang pernah diciptakan manusia.
Nah, itulah 5 Foto Kemanusiaan Paling Menyentuh. Kita berharap sejarah-sejarah kelam itu tidak akan kembali terulang. Tentu akan sangat menyedihkan jika kita harus menyaksikan adegan seperti dalam foto di atas langsung di kehidupan nyata kita.


jupitter.blogspot.com/
sumber :http://paling-unik.com/top-5/foto-kemanusiaan-paling-menyentuh/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...