Halaman Utama

Jumat, 01 Juni 2012

Trik Mewarnai Photo Hitam Putih



Jupitter Tips



Detail Tutorial:
Program : Photoshop
Tk. Kesulitan : Intermediate
Waktu Pengerjaan : +/- 2 Jam
Sumber Foto: disini (jangan lupa minta izin ya..)
Hasil


Dalam tutorial ini, kita akan belajar bagaimana cara mewarnai foto hitam-putih. Yuk mulai!

Langkah 1

Buka Foto yang tadi di download di Photoshop. Duplicate Background, klik Layer > Duplicate Layer > beri nama layer baru > OK.


Langkah 2

Ubah warna layer baru menjadi biru dengan cara Klik Image > Adjustment > Hue/Saturation. Centang Opsi Colorize. 
Hue: 223
Saturation : 46
Lightness : 0
Lalu klik, OK.

 

Langkah 3

Klik Layer > New > Layer untuk membuat layer baru. Lalu pilih Paint Bucket Tool . Isi layer baru dengan foreground color, #4a2903. Ubah blending otionnya menjadi Color.


Kalau langkah 3 sudah selesai, saatnya untuk mulai mewarnai. Pas ngewarnain, feel-nya harus dipake biar warna kulit, mata, rambut, dll, jadi lebih realistik…

Langkah 4

Bagian yang paling banyak dan paling puas buat kita warnain dulu adalah kulit… tapi ga mesti juga sih..kalau memang mau warnain bagian lain dulu juga gapapa kok.. 
Cara mewarnainya, pertama buat layer baru, beri nama kulit, lalu ubah blending optionnya menjadi Color. Gunakan brush untuk mewarnai layer baru tersebut di bagian kulit. Master diameter dan hardnessnya disesuaikan aja dengan foto yang akan di-coloring. Bagian mata jangan ikut diberi warna ya. 
Untuk warna kulit, disesuaikan aja dengan perkiraan kulit orang di dalam foto. Kalau dalam tutorial ini saya menggunakan warna #fecbae sebagai base warna kulitnya. Hasilnya seperti ini…


Langkah 5

Selanjutnya warnai matanya. Dimulai dari bagian putih matanya dulu. 
Buat Layer baru, beri nama Mata. Gunakan brush atau pentool untuk mewarnai bola matanya menjadi putih, lalu hapus bagian retina mata menggunakan eraser tool sebagai berikut:
• Hardness = 0%
• Opacity = 53%
• Flow = 42%

Lalu ubah blending mode-nya menjadi Color.
Buat layer baru, ubah blending modenya menjadi Color, lalu sapukan brush di sekitar retina matanya degan warna sesuai keinginan, tapi tetap harus realistis. Pilih warna yang cenderung gelap, seperti #132348 untuk membuat retina mata lebih hidup.


Langkah 6

Agar lebih hidup, berikan warna pada pakaian yang dikenakan. Bedakan batas antara pakaian dengan kulit. 
Buat layer baru, lalu ubah blending modenya menjadi color. Kemudian pilih warna yang Anda anggap sesuai. Saya memilih warna putih agar terlihat lebih elegan. Sesuaikan opacity layernya.


Langkah 7

Beri warna pada rambut, dengan membuat layer baru dan ubah blending option menjadi Color. Pada contoh, digunakan warna #4d2814


Langkah 8

Agar tampak lebih hidup, warnai bibir dan pipi dengan warna yang lembut. Disini dibutuhkan skill dan feel make up sederhana , cukup di bibir, pipi, kelopak mata, dan alis (sesuaikan warna alis dengan warna rambut). Gunakan brush dengan opacity dan flow yang bernilai kurang dari 100%. Kemudian sesuaikan opacity layer dengan kebutuhan, sesempurna mungkin.

Sudah terlihat cantik kan?

Langkah 9

Langkah terakhir untuk memperindah. Ubah warna background dan tambahkan efek (kalo ga salah namanya) Vignette; gradasi kosong di bagian tengah dan gelap di bagian pinggirnya.


Dan foto tua menjadi indah lagi 
Selamat mencoba ^^


Tips:

1. Selalu beri nama layer saat membuat layer baru
2. Sesuaikan warna dengan mengatur opacity layer dan hue and saturation (ctrl + u)






Sumber :: http://obetmaster7.blogspot.com/2012/01/trik-mewarnai-foto-hitam-putih.html


jupitter.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...