Halaman Utama

Rabu, 18 Januari 2012

Chef Magnum Cafe Indonesia . Aldo Volpi




Jupitter Kulinner



kalian pasti udah pernah denger magnum cafe yang ada di Indonesia kaan ?
yuup bner banget, Magnum Cafe Indonesia berada di Grand Indonesia, Jakarta. disana tersedia makanan-makanan yang tentunya berasal dari olahan coklat belgia, bahan dasar es krim Magnum, pokoknya dijamin enaak banget deeh :D
emang kita sendiri belum pernah nyobain satu pun menu yang ada disana hehe, tapi kita berani jamin kalo kalian ngga akan nyesel pergi kesana !!

cafe bergaya victorian ini memiliki dua tema ruangan yang berbeda, indoor merupakan cafe dengan sentuhan warna merah dan taman yang dibuat secantik mungkin dengan kursi taman dan warna-warna hijau yang asri serta patung kuda sebagai kendaraan layaknya bangsawan. cafe ini bisa menampung 120 orang pengunjung lho, wow !


ada salah satu menu di magnum cafe yang namanya Waffel de Aristocrat. waffel yang dicampuran tiga es krim Magnum, potongan cokelat, dan saus caramel serta banana sangat menggoda setiap orang yang melihatnya.

Pilihan lainnya Lord Sandwich, yaitu roti croisant yang di dalamnya terdapat tiga rasa es krim Magnum dan coklat.
terakhir ada juga Crown Jewel, yaitu tiga rasa es krim Magnum dalam gelas yang sangat besar ditambah buah strawberry, semangka, kiwi, mangga, Eggroll, Whipped Cream, Pistachio, Hazelnuts dan Choco Rice. waah, luar biasa !



dibalik menu-menu yang lezat di magnum cafe, ada seorang chef handal yang berasal dari italy, dia adalah chef Aldo Volpi. pria kelahiran 13 Mei 1970 itu telah men­jelajah dunia berkat keahliannya meramu menu. bakat memasak dan meracik menu yang dimilikinya memang hebat. bahkan, untuk meramu es krim, pria yang menguasai bahasa Inggris, Italia, Spanyol dan Perancis itu juga ahlinya.




Chef Aldo memulai karirnya di Perancis, lalu ia sempat meniti karir di Pukets Group, Hong Kong sebagai Executive Chef( 1998 -1999). Waterfrvnt Executive Chef (2002 - 2003) di Monte Carlo, Monaco. Dilanjutkan sebagai executive clief di Paper Moon, Moskow, Rusia, (2003-2004). chef Aldo juga sempat pindah ke Amerika Serikat. selama lima tahun ia bergabung dengan restoran Italia di Miami Beach, Florida. chef Aldo terus meretas karir di restoran dan berbagai hotel, termasuk di Wynn Macao Media Training.

khusus untuk di kafe es krim, chef Aldo me­nampilkan sesuatu yang berbeda dalam sajian menunya. ada puluhan jenis rasa yang bisa dipilih dengan cita rasa begitu lezat. baluran coklat asli terasa manis yang menjadi andalan dalam sajian es krim. menurut chef Aldo, coklat yang digunakan diimpor dari Belgia yang memang terkenal mendunia. bahkan Swiss sebagai negara yang terkenal coklatnya, masih mengimpor dari Belgia dan Perancis. "Coklat Belgia itu unik, dibuat secara tra­disional oleh masyarakat," papar pria yang bergabung dengan World Association of Chcfim. berbeda dengan negara-negara lainnya yang menggunakan teknik mesin untuk mengolah biji-bijian menjadi cairan coklat, coklat di Belgia dibuat dengan tangan dan dijual masyarakat di toko-toko kecil. justru dibuat secara tradisional toko-toko coklat menjadi daya tarik para pelancong untuk berwisata ke Belgia.

Coklat Belgia populer sejak abad 18, tetapi proses baru yang diciptakan oleh Jean Neuhaus tahun 1912 meningkatkan kepopuleran coklat hingga 10 kali lipat. Neuhaus menggunakan coklat versi khusus yang disebut couverteur, yaitu lapisan dingin yang dia sebut "praline".

 Praline Belgia berbeda dengan isian permen yang terdapat di toko-toko permen Amerika. praline coklat Belgia bisa diisi dengan macam-macam krim seperti kopi, kacang hazel, buah atau cokJat kental. beberapa ahli coklat di masa Neuhaus menduplikasikan rasa yang kompleks dalam praline mereka. banyak perusahaan praline coklat Belgia masih beroperasi hingga kini - Leonidas, Neuhaus, Godiva and Nirvana terkenal ka­rena praline mereka yang bercita rasa tinggi.

Satu tehnik coklat Belgia yang mengung­guli ahli coklat lain adalah penyimpanan sebelum digunakan. dalam pembuatan coklat, biji kakao digiling dan dicampur dengan gula dan lemak coklat. kemudian diperhalus dengan cara mengaduk-aduk da­lam keadaan panas teratur secara hati-hati. sebagian besar perusahaan coklat menerima coklat dalam bentuk padat yang berarti harus dipanaskan ulang agar bisa digunakan. perusahaan coklat Belgia sering menerima couverteur dari truk yang memiliki wadah pemana segera setelah pa ses pengadukan. coklat yang tidak dibe­kukan memiliki aroma yang lebih baik dari­pada yang coklat dibekukan. "Coklat Belgia bisa jadi mahal, tapi orang yang sudah mencobanya setuju bahwa coklat standar tidak bisa menandingi praline Belgia. coklat Belgia produk dengan reputasi berkualitas diminati pasar dunia," ucapnya.

Naah, karena itulah es krim magnum terbuat dari coklat belgia asli. biar kalian semua tetap bisa menikmati lezatnya coklat belgia tanpa harus jauh-jauh pergi ke Belgia. apalagi sekarang ada magnum cafe, kalian bisa lebih mudah menikmatinya :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...