Halaman Utama

Kamis, 20 Oktober 2011

Tempat Persembunyian Mohammar Khadafi di Temukan.


Jupitter News Tripoli _ Pemerintah sementara Libya meyakini Muammar Khadafi bersembunyi di wilayah gurun, dekat perbatasan Niger dan Aljazair.

Namun, pemerintah sementara Libya menyangkal kelompok minoritas Tuareg yang berada di wilayah itu memberi perlindungan kepada Khadafi.

Perwakilan Tuareg, Moussa Al Koune menyatakan, Khadafi mengirimkan seorang putranya, Khamis, ke area tersebut. “Setahu saya, Khadafi berada di wilayah itu,” katanya.
Khamis ditugasnya membuat stasiun radio dan persiapan rute melarikan diri. Persiapan tersebut telah dilakukan sejak akhir Agustus lalu.
Meski begitu, Al Kouni tak memiliki bukti atas ucapannya. Hanya berdasarkan fakta rezim Khadafi pernah menggunakan tempat itu karena medan yang sulit membuat sulit dideteksi.

Al Kouni juga menyatakan, Khadafi telah menjalin hubungan akrab dengen pemerintah Niger dan bisa saja sudah mondar-mandir keluar masuk perbatasan kedua negara tersebut.
Ia menambahkan, Khadafi bisa saja memiliki rute aman melewati Niger dan menuju Mali. Besar dugaan, ia memiliki sebuah rumah di Timbuktu. Sementara salah satu putranya, Al Saadi, menjadi tahanan rumah di Niger.



Foto: BBC
Tripoli - Pasukan pemberontak mengklaim berhasil menguasai markas pesembunyian Muammar Khadafi di Tripoli, Libya. Mereka bahkan berhasil menerobos bunker rahasia Khadafi di Bab al-Azizia dan menemukan labirin terowongan bawah tanah.Demikian seperti dilansir dailymail.co.uk, Jumat (26/8/2011). Pasukan pemberontak besenjata, berhasil menerobos masuk ke dalam terowongan bawah tanah yang menghubungkan markas persembunyian Khadafi.


Dengan bersenjatakan AK47, mereka mendobrak pintu, merubuhkan dinding terowongan yang dilengkapi pendingin ruangan tersebut.Di sepanjang terowongan yang berbentuk seperti labirin tersebut, para 
pemberontak berhasil menemukan bunker-bunker yang berisi berbagai macam barang, seperti logistik makanan, tempat tidur plus kasur dan masker anti gas. Dari kondisi bunker, nampaknya Khadafi telah lebih dulu melarikan diri melalui terowongan tersebut.Dalam setiap bunker dilengkapi pendingin ruangan dan saluran telepon. Diduga tempat ini menjadi tempat perencanaan aksi Khadafi selama krisis Libya berlangung. Dalam tayangan yang disiarkan Al Jazeera, terlihat para pemberontak yang bergerak hati-hati menerobos terowongan tersebut di kegelapan. Mereka membuka pintu-pintu bunker yang berat dan menemukan berbagai ventilasi di setiap sudut terowongan.Menariknya, para pemberontak dan warga Libya tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menjarah berbagai barang-barang lain yang ditemukan dari dalam bunker tersebut.

Barang-barang yang dijarah sangat bermacam. Mulai dari barang keseharian seperti sepeda olahraga, sepeda anak-anak, karpet, mainan dan boneka, hingga sebuah truk pelontar roket yang juga ditemukan di dalam bunker Khadafi tersebut.Pada Kamis (25/8) malam waktu setempat, pasukan pemberontak berusaha keras untuk menemukan Khadafi yang kini menjadi orang paling dicari di Libya itu. Selain di markas Bab al-Azizia, pemberontak juga berhasil mengepung kompleks apartemen di wilayah Abu Salim, yang diyakini menjadi tempat persembunyian Khadafi dan anak-anaknya. Sekitar 1.000 personel pemberontak bersenjata sempat terlibat baku tembak dengan pasukan loyalis Khadafi di kompleks tersebut.


Tiga gedung pun terbakar dalam aksi baku tembak tersebut. Sembilan anggota pasukan loyalis Khadafi dan belasan anggota pasukan pemberontak pun tewas. Namun, tidak ada tanda-tanda keberadaan Khadafi dan keluarganya di kompleks tersebut.Al Jazeera bahkan melaporkan bahwa semalam pasukan pemberontak berhasil menguasai markas Badan Intelijen Libya. Sejumlah dokumen penting dan rahasia berhasil didapatkan dan diamankan.








Sumber : http://www.inilah.com/read/detail/1783958/tempat-persembunyian-khadafi-terungkap
http://www.detiknews.com/read/2011/08/26/122657/1711781/1148/pasukan-pemberontak-libya-terobos-terowongan-bawah-tanah-khadafi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...