Halaman Utama

Kamis, 20 Oktober 2011

Seputar Tewasnya Pemimpin Libya Mohammad Khadafy


Khadafi dilaporkan ditembak ketika hendak kabur dari kejaran pasukan NATO.

Jupitter News _ Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) mengumumkan bahwa mantan pemimpin Libya, Moammar Khadafi, tewas tertembak di kampung halamannya, Sirte, Kamis 20 Oktober 2011. Dilaporkan, Khadafi tertembak di beberapa bagian tubuhnya.
Dilansir dari kantor berita Reuters, sebelumnya juru bicara NTC Abdel Majid Mlegta mengatakan Khadafi tertangkap dan ditembak di kedua kakinya pada Kamis dini hari. Kala itu, kata Mlegta, Khadafi yang berada dalam konvoi berusaha kabur ketika pesawat NATO menyerang.
“Dia juga tertembak di kepala. Iring-iringannya dihujani tembakan dan dia tewas,” katanya.
Berita kematian Khadafi disambut gembira oleh warga Libya di Tripoli. Mereka meniup terompet dan menembakkan peluru ke udara. “Ini adalah kemenangan bagi rakyat Libya,” kata Menteri Penerangan NTC, Mahmoud Shammam, dilansir dari CNN.
Belum ada konfirmasi independen mengenai klaim NTC. Sebelumnya, NTC juga pernah mengumumkan penangkapan dan kematian putra-putra Khadafi yang ternyata tidak benar.


Pemimpin Libya Muammar Qadhafi yang telah berkuasa 41 tahun dikabarkan tewas tertembak, itulah rumor baru yang beredar di belum lama ini. Seperti dilaporkan CNBC belum lama ini rumor tersebut langsung mengkoreksi harga minyak yang sebelumnya menyentuh level $ 120 per barrel langsung turun dikisaran $ 90 per barrel. Namun seorang pejabat Amerika menegaskan tidak ada alasan kuat mempercayai rumor meninggalnya pemimpin Libya tersebut ucapnya pada CNBC.
Kantor berita Reuters menyebutkan rumor terbaru yang beredar atas tewasnya Khadafi belum dikonfirmasikan dengan tepat. Rumor tersebut dipicu pasca bentrokan berdarah yang juga menewaskan ratusan orang, juga tewasnya beberapa orang yang dibom disebuah masjid di sebelah utara Libya.
Saat ini para penentang pemimpin Libya tersebut tengah mengepung kediaman Khadafi tidak jauh sekitar 30 mil pengepungan itu semakin mendekat. Sebagian besar kota di wilayah timur Libya juga sudah dikuasai oleh para demonstran antipemerintah. Bahkan beberapa kota di wilayah barat Libya, yang menjadi basis kekuatan Qadhafi, dapat dikuasai para demonstran, di antaranya Misrata dan Zuara, sekitar 75 mil arah barat Kota Tripoli, ibu kota Libya.
Peta terbaru komposisi wilayah yang sudah berhasil dikuasai penentang Khadafi dan posisi militer pendukung
Peta terbaru komposisi wilayah yang sudah berhasil dikuasai penentang Khadafi dan posisi militer pendukung
Sejumlah pendukung Qadhafi berusaha mempertahankan Misrata, kota yang terletak 25 mil arah timur Tripoli, dan Az-Zawiyah, sekitar 30 kilometer arah barat Tripoli. Bentrokan di sini menewaskan sejumlah orang. Penduduk Benghazi, pusat pertahanan para demonstran yang terletak di timur Tripoli, telah memenjarakan para tentara bayaran Qadhafi. Mereka juga membentuk satu komite pengurus kota yang sekarang tak lagi dalam kekuasaan Qadhafi.
Menurut saksi mata, satu unit pasukan tentara angkatan darat yang setia kepada Qadhafi juga telah dikuasai oleh para demonstran di Az-Zawiyah. Bentrokan hingga kemarin juga terjadi di Kota Sabha di selatan Tripoli, dan Sabratha yang berdekatan dengan Tripoli di kawasan barat.
Seorang anak yang turut dalam demonstrasi menendang foto Ghadafi

Rombongannya dihujani tembakan. Khadafi terluka tembak di kaki dan kepala.

Mantan pemimpin Libya, Moammar Khadafi, dilaporkan tewas tertembak di kampung halamannya di Sirte, Kamis 20 Oktober 2011. Khadafi tertangkap ketika hendak kabur saat pesawat NATO menyerang.
Juru bicara Dewan Transisi Nasional Libya (NTC), Abdel Majid Mlegta, mengatakan Khadafi terpojok dan bersembunyi di lubang di tanah. Dia kemudian meminta agar diampuni.
“‘Jangan tembak, jangan tembak’ begitu kata Khadafi kepada orang-orang yang menangkapnya,” jelas Mlegta, seperti dikutip Reuters.
Dia mengatakan, rombongan Khadafi dihujani tembakan oleh pasukan NTC dari Misrata. Khadafi dilaporkan terluka di kedua kakinya. “Dia juga tertembak di kepalanya,” lanjut Mlegta.
Terbunuhnya Khadafi dilaporkan terjadi sesaat setelah Sirte jatuh ke tangan tentara NTC. Di wilayah ini, pengaruh Khadafi masih kuat, dengan tentara loyalis yang melakukan perlawanan.
Belum ada konfirmasi independen yang membenarkan kematian Khadafi. Sebelumnya, NTC juga pernah mengumumkan penangkapan dan kematian putra-putra Khadafi, namun terbukti tidak benar.
Khadafi telah memimpin Libya selama 42 tahun dengan tangan besi. Dia menjadi buronan Mahkamah Kriminal Internasional atas tuduhan pembunuhan masyarakat sipil.

Sumber : 
http://mencoba-sukes.blogspot.com/2011/02/khadafi-tewas-tertembak-rumor-terbaru.html
http://remblong.net/khadafi-dikabarkan-tewas-tertembak.html
http://remblong.net/di-dalam-lubang-khadafi-minta-tidak-ditembak.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...