Halaman Utama

Sabtu, 03 Desember 2011

Melirik Kerajaan Majapahit di Masa Kini


Jupitter News _ Situs Trowulan merupakan satu”nya situs perkotaan masa klasik di Indonesia. Situs yang luasnya 11 KM x 9 KM, cakupannya meliputi wilayah kecamatan Trowulan dan Sooko di Kabupaten Mojokerto serta kecamatan Mojoagung dan Mojowarno di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Di daerah ini banyak pengrajin arca” dan kerajinan dari batu, yang hasilnya nyaris tidak bisa dibedakan dengan yang asli. Tapi sangat disayangkan, beberapa pengrajin sangat keberatan utk diambil gambarnya.
Peradaban Majapahit bukanlah sebuah legenda, sosoknya ditopang oleh bukti” otentik arkeologis yang tertinggal dari jamannya. Setiap peninggalan kebesaran Majapahit mengandung nilai historis dan ilmu pengetahuan.


Situs bekas kota Kerajaan Majapahit ini dibangun di sebuah dataran yg merupakan ujung penghabisan dari tiga jajaran gunung; Penangungan, Welirang dan Anjasmara


Gapura Wringin Lawang

Terletak di desa Jatipasar, kec Trowulan, kab Mojokerto. Terbuat dari Bata, Kecuali bagian anak tangganya terbuat dari Batu. Bentuk gapura adalah candi bentar (candi terbelah dua) dengan denah empat segi panjang berukuran panjang 13 m lebar 11,5 m sementara tinggi bangunan 15.50 m dan orientasi bangunan mengarah timur-Barat. Jarak antara 2 bagian gapura selebar 3.5 M. Dihiasi taman yang indah. dan lokasi yang sejuk. Kata penjaga” Diyakini ini adalah gerbang dari suatu kompleks atau merupakan gerbang dari kerajaan Majapahit itu sendiri. Dipersilakan bagi teman” Kaskuser utk mengadakan acara di tempat ini.
Banyak fenomena dan keunikan yang kami alamai selama menelusuri Majapahit ini.



Taman yang Asri



Bentuk Candi Bentar..



Bentuk susunan Bata tanpa perekeat.
Menurut penjaga cara melekatkan bata ini ada dua cara:
1. Dengan digosok antara dua bata tersebut sampai berhenti.
2. Memakai putih telur.
Ini masih menjadi penelitian….




Kolam Segaran

merupakan salah satu dari 32 waduk/kolam kuno Majapahit. Bentuk denah kolam empat persegi panjang berukuran panjang 375M, lebar 125M. Dinding kolam setinggi 3,6 M sementara lebarnya 1,6 M. Bahan bangunan kolam terbuat dari Bata yg direkatkan satu sama lain dengan cara digosokkan tanpa menggunakan perekat. Pada bagian tenggara terdapat saluran yang mengalirkan airnya ke kolam, sementara pad bagian barat laut terdpat saluran pembuangan air.




Menurut cerita rakyat pada masa kejayaan Majapahit, Kolam Segaran digunakan sebagai tempat rekreasi dan menjamu tamu dari luar negeri. Diceritakan apabila pejamuan telah usai, maka peralatan perjamuan seperti piring, mangkuk, dan sendok yg terbuat dari emas dibuang di kolam untuk menunjukkan betapa kayanya kerajaan Majapahit. Sebagian peneliti lain menyebutkan segaran sebagai penambah kelembapan / kesejukan udara kota Majapahit.


Religi & Kesusasteraan

Kehidupan religius pada masa Majapahit telah memberikan andil yg besar dalam perkembangan peradaban manusia Majapahit. Semuanya itu terekam dan tersurat dalam karya” sastra yg sangat indah dan bermutu diantaranya seperti Kakimpoi Negarakertagama, arjunawiwaha, Sutasoma, Lubhaka, Writasancaya dan Kunjakarna.


Peraturan Pada Masa Majapahit

Untuk mengatur kehidupan rakyatnya, kerajaan Majapahit telah memiliki sejumlah peraturan yg terkumpul dalam kitab perundang”an. Kitab tsb berisi baik tentang hukum pidana maupun perdata. Peraturan tersebut berlaku bagi setiap orang.


Teknologi dan Kesenian Masa Majapahit

Keagungan karya arsitekturural masa Majapahit yang dapat disaksikan kini tidak lain merupakan cerminan dari kemampuan mewujudkan simbol dan spirit religius dewa-raja melalui peradaban keunggulan teknologi rancang bangun dan kesenian. Sosoknya hadir dalam percandian yang dipersembahkan sebagai pendharmaan bagi raja, titisan sang dewa yang mangkat.


Struktur Pemerintahan

Sebagai kerajaan yg besar, Majapahit mempunyai aparat pemerintahan yg lengkap. Raja mempunyai banyak pembantu sebagai pelaksana. Hierarkhi pemerintahan kerajaan Majapahit adalah sebagai berikut;
1.Raja: merupakan pemegang pucuk pimpinan kerajaan.
2. Yuwara/Kumararaja: jabatan yg diduduki oleh putra/putri raja.
3. Rakyan Mahamantri Katrini: Dewan yg bertugas melaksanakan politik negara.
4. Rakyan Mahmantri ri pakiran”: dewan ini juga melaksanakan politik negara.
5. Dharmadyaksa : merupakan kepala bidang keagamaan
6. Dharmopapati; merupakan dewan yg juga mengurusi keagamaan





Pusat Informasi Majapahit

Koleksi Museum
Sesuai dengan sejarahnya, koleksi pusat Informasi Majapahit didominasi oleh benda cagar budaya peninggalan Majapahit. Melalui peninggalan tersebut dapat beberapa aspek budaya Majapahit dapat dikaji lebih lanjut, seperti bidang pertanian, irigasi, arsitektur, perdagangan, perindustrian, agama dan kesenian. Keseluruhan koleksi tersebut ditata di gedung, pendopo maupun halaman museum. Berdasarkan bahannya koleksi Museum Trowulan yg dipamerkan dapat diklarifikasikan menjadi beberapa kelompok.


1.Koleksi Tanah Liat (Terakota)

a.Koleksi Terakota Manusia
b.Alat” Produksi
c.Alat” Rumah Tangga
d.Arsitektur


2.Koleksi Keramik

yg dimiliki oleh Pusat Informasi Majapahit berasal dari beberapa negara asing seperti Cina, Thailand & Vietnam. Keramik” tersebutpun memiliki berbagai bentuk dan fungsi, seperti guci,teko, piring, mangkuk, sendok dan vas bunga.

3. Koleksi Logam

Koleksi Benda cagar budaya berbahan logam, seperti koleksi mata uang kuno, koleksi alat” upacara seperti bokor, pedupaann, lampu cermin, guci dan genta dan koleksi alat musik.


4. Koleksi Batu

Koleksi miniatur, dan komponen candi candi koleksi arca. koleksi relief, koleksi prasasti.


Berbagai Koleksi Museum





Sumber : http://www.salamnusantara.com/2011/06/25/m-a-j-a-p-a-h-i-t/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...