Halaman Utama

Sabtu, 23 Juli 2011

Iguana Hewan Sangar Tapi Bersahabat


Jupitter News _ Iguana adalah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amrik tengah, Amrik selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka disebutkan oleh seorang naturalis berkebangsaan  Austria Josephus Nicolaus Laurenti. pada tahun 1768. Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini: iguana hijau dan iguana antilles kecil.

Kedua spesies kadal tersebut memiliki lipatan kulit di bawah rahang, sekumpulan kulit yang mengeras yang berderet di punggungnya hingga ekor, dan “mata ketiga” di kepalanya. Mata ini disebut sebagai mata parietal, yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya. Di belakang lehernya ada sisik kecil yang menyerupai paku panjang, dan disebut tuberculate scale. Iguana juga memiliki sisik besar bundar di pipinya yang disebut sebagai selubung subtimpani.
Iguana memiliki pengelihatan yang baik dan bisa melihat bentuk, bayangan, warna, dan gerakan pada jarak yang jauh. Iguana menggunakan matanya untuk mengarahkannya mengarungi hutan lebat, untuk menemukan makanan. Mereka juga menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama.

Mereka merespon rangsangan visual berupa warna seperti jingga, kuning, merah muda, dan biru yang terdapat pada substansi makanan mereka.
Telinga iguana disebut timpanum, yang merupakan gendang telinga iguana dan terdapat di kanan atas selubung subtimpani dan di belakang mata. Ini adalah bagian tubuh iguana yang amat tipis dan lembut, dan amat penting untuk pendengarannya.
Mereka sering kali sulit untuk diketahui keberadaannya karena kemampuan mereka untuk menyatu dengan lingkungannya. Warna hijau alaminya sangat membantu dalam menyembunyikan dirinya dari predator.


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan          :Animalia
Filum               :Chordata
Kelas               :Sauropsida
Ordo                :Squamata
Upaordo          :Iguania
Famili              :Iguanidae
Genus              : Iguana 



Negara asal iguana (iggy) adalah Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America, kebanyakan locality dari Columbia, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico.
Iggy berasal dari daerah tropis dan membutuhkan tingkat kelembaban yang agak tinggi untuk kesehatan yang layak. Kurangnya kelembaban dapat menyebabkan masalah ginjal dan hati di kemudian hari. Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C.
Meskipun tidak terlalu besar dibanding komodo dan biawak, iggy memiliki kekuatan yang sangat besar serta memiliki cakar tajam. Cakar ini terutama digunakan untuk mendaki karena iguana aslinya banyak tinggal dilingkungan berbatuan, berbukit dan pepohonan sehingga pantas disebut sebagai binatang arboreal.

Seperti reptil lainnya iggy akan mengalami proses ganti kulit (shedding) secara teratur. Proses ini tidak terjadwal dengan pasti, proses shedding dikarenakan iggy bertambah besar sedangkan sisiknya tidak ikut berkembang sehingga dilepas (shed) lalu digantikan oleh sisik baru.
Media umum yg biasa digunakan sebagai substrate (alas) untuk kandang iggy yang paling mudah adalah koran, selain itu bisa menggunakan forest bark atau terarium linen (karpet mi), Tidak dianjurkan menggunakan pasir zeolit karena bisa ikut termakan ato terjilat, akibatnya bias menggangu system pencernaan iggy.


JENIS – JENIS IGUANA


1.Green Iguana (common iguana)


Mutasi Green iguana yang paling sering kita lihat adalah Rhinolopha, tidak berbeda dengan green iguana biasa tapi ada aditional cula di atas lubang hidungnya.


2. Cuban Rock Iguana



3. Black Spiny-tailed Iguana



4. Rhinoceros Iguana



5. Desert Iguanas



6.  Fiji Banded Iguana


 
Nahhhhh...temen - temen dah tau kan sekarang...bahwa yang namanya Iguana itu banyak banget jenisnya dan yang Jupi kasih liat di atas ini hanya sebagian kecil masih banyak lagi jenis - jenis mereka....Ok sampai di sini dulu jumpa ma Jupi kita jumpa lagi pada posting berikutnya yang pastinya lebih menarik lagi...Eh jangan lupa kasih Comment kalian yahhhh biar Blogger nya tambah hidup dan rameeeee...juga jangan lupa di Follow.....Key Bye friend Good Luck...




Sumber : http://abdoz.wordpress.com/2011/02/16/what-kinda-amazing-creature-iguana-is/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...