Halaman Utama

Rabu, 27 Juli 2011

Bambu Ajaib



 

Jupitter News _ BAMBU tak hanya punya nilai ekonomis dan ekologis yang tinggi, tetapi juga punya manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Batang dan daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai problem kesehatan dan kecantikan.

Sejak zaman dahulu, bambu digunakan sebagai salah satu bahan produk kecantikan, seperti lotion dan krim wajah, karena kaya akan kandungan sulfur yang berguna untuk mengurangi iritasi dan masalah kulit. Bambu juga memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi untuk menjaga kelembapan, kehalusan kulit, dan mencegah proses penuaan dini. Itulah mengapa bambu digunakan dalam salah satu teknik perawatan kesehatan dan kecantikan.
Mengapa bambu? Karena tekstur dan bentuk bambu bulat, lembut dan tidak agresif sehingga membrikan sensasi yang nyaman. Bentuknya mudah dikendalikan oleh terapis, sehingga tangan terapis bisa lincah bergerak hingga kedaerah lipatan yang sulit dijangkau dengan tangan secara maksimal. Arah dan gerakannya mudah diatur. "Sensasi tekanan yang dihasilkan oleh bambu mampu membuat otot-otot Anda yang kaku menjadi rilaks kembali, serta dapat melancarkan peredaran darah dan mampu membuang toksin-toksin dalam tubuh. Juga mampu mengencangkan tekstur kulit sehingga menjadi lebih elastis


Tahap dan Manfaat


Sebelum digunakan, bambu dipernis terlebih dahulu agar teksturnya lebih halus dan licin. Kemudian bambu dipotong (sesuai dengan kebutuhan). "Teknik pijatan berbeda-beda. Dusesuaikan dengan bagian yang akan dipijat. Ada teknik pijat rolling, tekan-tekan seperti orang mendayung, tepuk-tepuk serta menyulam," sambungnya.


Ukuran bambu disesuaikan dengan posisi gerakan dan bagian tubuh yang akan dipijat. Ketika pijatan dilakukan di daerah pinggul, tulang belakang, wajah dan sela-sela jari, bambu yang digunakan adalah bambu yang berukuran kecil. "Bambu yang digunakan sesuai dengan kebutuhan saja. Yang besar, sedang atau kecil," imbuhnya.




Sebelum mulai dipijat, pasien diminta membersihkan kaki dengan air garam (sebagai antioksidan). Setelah itu, tubuh pasien dilumuri dengan essential oil. Kemudian terapis akan meberikan pijatan ringan untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang secara perlahan. Chinese bamboo massage ini dimulai dari telapak kaki hingga ke wajah.


Pijatan dimulai di telapak kaki pasien dengan bambu berukuran kecil. Teknik yang digunakan adalah teknik menyulam. Pijatan dilanjutkan ke betis dengan teknik rolling, selanjutnya ke perut dengan gerakan seperti bentuk diamond. Gerakan ini berguna untuk membuang racun dari dalam tubuh. Pijatan kemudian dilanjutkan ke jari-jari tangan. Massage ini berakhir di wajah. Bambu yang digunakan berukuran kecil untuk memberikan rasa rileks yang maksimal. "Bambu yang digunakan juga disesuaikan dengan tubuh klien. Biasanya untuk cowok digunakan bambu yang lebih besar," tambahnya.


Keunggulan pijat dengan bambu ini adalah pasien tidak akan merasakan sakit. "Klien gak akan merasa sakit karena dengan bambu lebih menyeluruh, yaitu mengena ke seluruh area, bukan hanya satu titik saja," katanya. Chinese bamboo massage ini tidak disarankan kepada klien yang menderita varises, yang baru saja menjalani operasi, wanita hamil dan yang memiliki tekanan darah tidak stabil.
 
 
 
 
 
Sumber : http://my.opera.com/erldimaz/blog/bambu-ajaib

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

http://jupitterpandawa.blogspot.com/

Silahkan masukan comentar anda

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...